MUSTAHIR, ALIKA (2025) PENGARUH SERVICE EXCELLENCE TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KC PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Alika Mustahir]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ALIKA MUSTAHIR (PBS 20).pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah service excellence berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KC Palopo.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh service excellence terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KC Palopo. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan penyajian hasil penelitian dalam
bentuk angka-angka atau statistik guna menguji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 26. Sampel dalam penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia KC Palopo yang berjumlah 100 orang yang dijumlah menggunakan rumus slovin.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran kuesioner/angket. Berdasarkan hasil pengujian, penelitian menyatakan bahwa sikap (X1) berpengaruh negatif signifikan terhadap loyalitas nasabah BSI KC Palopo (Y) dimana nilai sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung -4,338 lebih besar dari t tabel sebesar 1,985. Variabel perhatian (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah BSI KC Palopo (Y) dimana nilai sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung 4,871 lebih besar dari t tabel sebesar 1,985. Variabel tindakan (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas
nasabah BSI KC Palopo (Y) dimana nilai sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung 4,939 lebih besar dari t tabel sebesar 1,985. Variabel penampilan (X4) tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BSI KC Palopo (Y) dimana nilai sig. 0,390 lebih besar dari 0,05 dan nilai t hitung -0,864 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,985. Variabel tanggung jawab (X5) berpengaruh negatif signifikan
terhadap loyalitas nasabah BSI KC Palopo (Y) dimana nilai sig. 0,039 lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung -2,090 lebih besar dari t tabel sebesar 1,985. Hasil dari uji koefisien determinasi diperoleh variabel sikap, perhatian, tindakan, penampilan, dan tanggung jawab sebesar 49,7% dan sisanya 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pengaruh, Service Excellence, Loyalitas Nasabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:49 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10589 |