Mursalin, Hadi Muhtadi (2025) STRATEGI MANAJEMEN PENGHIMPUNAN ZAKAT PERNIAGAAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KESADARAN BERZAKAT BAGI PELAKU USAHA DI KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Hadi Muhtadi Mursalin] Text (Skripsi Hadi Muhtadi Mursalin)
Strategi Manajemen Perhimpunan Zakat Perniagaan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesadaran Berzakat Bagi Pelaku Usaha d~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Manajemen Pengimpunan Zakat Perniagaan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesadaran Berzakat Bagi Pelaku Usaha Di Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen penghimpunan zakat perniagaan sebagai upaya peningkatan kualitas kesadaran berzakat bagi pelaku usaha di Kota Palopo dan kendalakendala yang dihadapi Badan Amil Zakat Kota Palopo dalam menghimpun zakat perniagaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan dan menganalisis peristiwa secara individu maupun kelompok. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Badan Amil Zakat Kota Palopo. Selanjutnya data kualitatif akan dianalisis dengan teknis reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa startegi manajemen penghimpunan zakat perniagaan dalam meningkat kualitas kesadaran berzakat bagi pelaku usaha di Kota Palopo yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Palopo sudah berjalan dengan baik tetapi masih ada hal yang perlu ditingkatkan seperti sumber daya manusia serta bentuk sosialisasi yang harus relevan dengan keadaan karena kualitas kesadaran berzakat masih sangat kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut Badan Amil Zakat Nasional Kota Palopo membentuk strategi untuk meningkatkan kualitas kesadaran berzakat bagi pelaku usaha diantaranya yaitu melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha dengan cara terjun langsung ke tempat usaha, melalui dakwah jumat dan ramdhan serta penyebaran informasi melalui platform digital seperti media sosial ataupun website. Adapun tantangan yang dihadapi yaitu rendahnya pengetahuan pedagang atau pelaku usaha mengenai zakat perniagaan. Adapun stakeholder yang harus berperan penting dalam peningkatan kualitas kesadaran berzakat yaitu Badan Amil Zakat Nasional, Pemerintah dan Pelaku Usaha.

Kata Kunci : Manajemen, Zakat Perniagaan dan Penghimpunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 11 Jul 2025 08:28
Last Modified: 11 Jul 2025 08:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item
View Item