ZA, Nidaul Khair Ininnawa Macinnong (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PRODUK KPR SYARIAH PADA PT. BANK SULSELBAR KCU PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi NIDAUL KHAIR ININNAWA MACINNONG ZA] Text (Skripsi NIDAUL KHAIR ININNAWA MACINNONG ZA)
SKRIPSI NIDAUL KHAIR ININNAWA MACINNONG ZA.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh alasan mengapa KPR Syariah PT. Bank Sulselbar KCU Palopo diminati oleh nasabah. Variabel dependen pada penelitian ini ialah pilihan nasabah, yang juga memakai empat variabel independen, yaitu citra merek, harga, lokasi, dan promosi. Penelitian ini sifatnya kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 40 orang nasabah yang mengakses pembiayaan KPR Syariah dari Bank Sulselbar. Sampel penelitian ini adalah 40 nasabah yang dipilih secara acak dari keseluruhan populasi. Data dihimpun dengan menanfaatkan kuesioner,
observasi, dan pencatatan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perangkat lunak SPSS 29.0. Dalam penelitian ini, dilakukan berbagai bentuk analisis regresi. Dalam menganalisis akan digunakan beberapa pengujian seperti uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Menguji
hipotesis mencakup uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil analisis data, variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk mengambil KPR Syariah adalah harga rumah, lokasi rumah, citra merek, dan promosi. Variabel citra merek dan promosi tidak ada pengaruh
bermakna, sedangkan variabel harga rumah dan lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan. Secara serentak hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung melampaui nilai F tabel, yaitu sebesar 3,488 dan taraf signifikansinya sebesar 0,000 yang berarti tidak melampaui 0,05. Berlandaskan hasil penelitian, pilihan nasabah untuk mengambil KPR Syariah dipengaruhi oleh unsur citra merek, harga, lokasi, dan pemasaran secara bersamaan. Pilihan nasabah untuk mengambil KPR Syariah di Bank Sulselbar KCU Palopo dipengaruhi oleh unsur harga, lokasi, dan citra
merek sebesar 28,5%. Perihal tersebut terlihat melalui pengujian koefisien determinasi yakni R kuadrat terkoreksi sebesar 0,285.
Kata kunci: Citra Merek, Lokasi Perumahan, Harga Perumahan, Promosi dan Pengambilan Keputusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:23
Last Modified: 14 Jul 2025 06:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item
View Item