Sismawati, Sismawati (2025) PENGARUH PENGETAHUAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DALAM MEMUTUSKAN MENGGUNAKAN PRODUK DI BANK SYARIAH. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi SISMAWATI]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SISMAWATI (PBS 19).pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh pengetahuan dan brand image terhadap sikap masyarakat dalam memutuskan menggunakan produk di bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah faktor pengetahuan dan brand image secara langsung berpengaruh terhadap sikap masyarakat dalam
memutuskan menggunakan produk di bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan melibatkan pengumpulan informasi dalam bentuk angka yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Balo-Balo dengan jumlah 1.498 orang , pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel yang masuk dalam kriteria masyarakat yang belum menggunakan produk bank syariah. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah penyebaran kuesioner, kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan IMB SPSS for Windows Versi 26. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan perangkat lunak analisis IMB SPSS for Windows Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis pertama yang menyatakan bahwa variabel pengetahuan (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap (Y) masyarakat dalam menggunakan produk di bank syariah. Diketahui terdapat
tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (3,950) lebih besar dari t tabel (1.985). Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadapt variabel sikap. Hipotesis kedua menyatakan bahwa Brand Image (X2) Terhadap Sikap (Y) terdapat tingkat signifikansi sebesar 0,003 yang lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (6,587) lebih besar dari t tabel (1,985) dalam hal ini bahwa tingkat brand image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap masyarakat dalam menggunakan produk di bank syariah.
Kata Kunci : Pengetahuan, Brand image , Sikap
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10641 |