Khairiyah, Nurul (2025) MODEL KINERJA BISNIS INDUSTRI HALAL: SERTIFIKASI HALAL, INOVASI PRODUK DAN PERAN MEDIASI KEPERCAYAAN KONSUMEN. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi NURUL KHAIRIYAH]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURUL KHAIRIYAH (EKIS 21).pdf - Published Version
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang “Model Kinerja Bisnis Industri Halal: Sertifikasi Halal, Inovasi Produk dan Peran Mediasi Kepercayaan Konsumen”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh secara langsung sertifikasi halal dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis industri halal di Kota Palopo, Pengaruh secara
langsung sertifikasi halal dan inovasi produk terhadap kepercayaan konsumen, dan Pengaruh secara tidak langsung sertifikasi halal dan inovasi produk terhadap kinerja
bisnis industri halal di Kota Palopo yang dimediasi oleh kepercayaan konsumen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengukur pengaruh sertifikasi halal dan inovasi produk terhadap kinerja bisnis dengan kepercayaan konsumen sebagai
variabel mediasi. Populasinya adalah seluruh UMKM bersertifikat halal pada tahun 2023 di Kota Palopo dengan jumlah 43 UMKM. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah responden 39 UMKM. Data diperoleh dari hasil observasi dan penyebaran kuesioner. Selanjutnya data dalam penelitian ini diolah dengan analisis data menggukanan pemodelan persamaan struktural berbasis varians.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel sertifikasi halal (X1) berpengaruh
secara langsung terhadap kinerja bisnis (Y), variabel inovasi produk (X2) tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja bisnis (Y), variabel kepercayaan konsumen (Z) tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja bisnis (Y), variabel sertifikasi halal (X1) berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan
konsumen (Z). Variabel inovasi produk berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan konsumen (Z), variabel kepercayaan konsumen (Z) tidak dapat memediasi pengaruh tidak langsung antara sertifikasi halal (X1) dan kinerja bisnis
(Y), dan variabel kepercayaan konsumen (Z) tidak dapat memediasi hubungan tidak langsung antara inovasi produk (X2) dan kinerja bisnis (Y).
Kata Kunci: Sertifikat Halal, Inovasi Produk, Kepercayaan Konsumen, Kinerja Bisnis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:53 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:53 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10682 |