Muchlis, Magfira (2025) PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Magfira Muchlis] Text (Skripsi Magfira Muchlis)
SKRIPSI MAGFIRA MUCHLIS (MPI 18).pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi di SMP Negeri 8 Palopo, untuk
mengetahui kinerja guru di SMP Negeri 8 Palopo, dan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam rangka meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 8 Palopo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu metode deskriptif yang menyertai penelitian, untuk membantu menjelaskan dan menjawab pertanyaan tentang fenomena dan kejadian dari subjek penelitian.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh yaitu hasil pengamatan dan wawancara terhadap kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru mengenai peran kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 8 Palopo. Sedangkan data sekunder diperoleh dari daftar hadir, arsip dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan program supervisi dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 8 Palopo melalui beberapa aspek diantaranya kemampuan menyusun program supervisi dan kemampuan menggunakan hasil supervisi. Di
samping itu, dalam melaksanakan program supervisi di SMP Negeri 8 Palopo tidak hanya dilakukan oleh Kepala Sekolah saja namun dibantu oleh guru-guru senior. Dalam pelaksanaannya kepala sekolah membuat job desk untuk masing-masing
stakeholder yang dijadikan mekanisme kerja. Kinerja guru di SMP Negeri 8 Palopo ini sudah tergolong baik. Guru-guru sudah melakukan metode yang sangat beragam dalam pembelajaran berlangsung. Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan
menyenangkan sudah diterapkan. Namun dalam kompetensi pedagogik yang mengenai perancangan pembelajaran (RPP) guru belum melengkapi dan masih kurang disiplin dalam jam pelajaran.Kegiatan kepala sekolah sebagai supervisor
dalam meningkatkan kinerja guru yaitu dengan melakukan kunjungan ke setiap kelas baik terjadwal maupun kondisional. Teknik yang diterapkan dengan pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:15
Last Modified: 15 Jul 2025 06:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item
View Item