Abdullah, Aulia Putri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI CONSTRUCT 2 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Aulia Aputri Abdullah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AULIA APUTRI ABDULLAH (PEND. MATEMATIKA).pdf
Download (17MB)
![[thumbnail of SKRIPSI AULIA APUTRI ABDULLAH (PEND. MATEMATIKA).pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AULIA APUTRI ABDULLAH (PEND. MATEMATIKA).pdf
Download (17MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi Construct 2 untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prototype akhir, validitas media, praktikalitas media, dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini ialah 33 siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar pedoman wawancara guru, lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket praktikalitas dan angket minat belajar siswa (sebelum dan sesudah). Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan menunjukan bahwa prototype akhir media pembelajaran game edukasi Construct 2 pada materi aljabar terdiri dari sampul, menu CP & TP, menu materi, dan game edukasi. Hasil validasi ahli media ini memperoleh rata-rata 92,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 77,08% dengan kategori “valid”. Hasil uji praktikalitas oleh siswa memperoleh rata-rata 71,17% dengan kategori “praktis”. Hasil uji efektivitas media game edukasi Construct 2 ini dalam meningkatkan minat belajar dilihat dari uji N-gain sebesar 70% dengan kategori “cukup efektif” berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi Construct 2 dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo.
Kata Kunci: Game edukasi, Construct 2, Minat Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.72 Metode Riset Penelitian Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:01 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:01 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10687 |