Dewi, Sartika (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Sartika Dewi]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_SARTIKA-22 33.pdf
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang starategi kepala sekolah dalam
mengembangkan budaya literasi di Sekolah Menengah Mertama Negeri 3 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana budaya literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Palopo, untuk mengetahui Faktor apa saja yang berkontribusi dalam pengembangan budaya literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Palopo, untuk mengetahui Bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru. Data penelitian yang di peroleh
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif (interactive analysis) mengacu pada teori Miles, Huberman dan Saldana. penarikan kesimpulan yang digunakan yaitu
menarik kesimpulan dari analisis yang dilakukan berdasarkan bukti yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian enunujukkan bahwa : 1) Budaya literasi yang dilaksanakan Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Palopo yaitu budaya literasi numerasi, budaya membaca 15 menit sebelum dimulai pelajaran, budaya literasi
Religious, dan budaya literasi One Month One Book. 2) Selain sarana dan prasarana yang memadai, beberapa faktor yang menjadi pendukung dalam kegiatan pengembangan budaya literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3
Palopo yaitu dukungan dari Kepala Sekolah. Peran kepala sekolah yang proaktif, seperti memberikan motivasi, pelatihan, workshop, dan fasilitas untuk pengadaan buku, sangat krusial dalam mendorong budaya literasi di sekolah. 3) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Palopo yaitu dengan membuat perencaaan program pengembangan yang matang, mulai dari penyusunan team hingga program kegiatan pengembangan yang akan dijalankan. Selanjutnya yaitu dengan berperan sebagai motivator. Juga melakukan pengawasan dan evaluasi untuk mengetahui
sejauh mana program pengembangan budaya literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Palopo ini berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 418.4 Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:48 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10689 |