Baeti, Nur (2025) STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM BERSERTIFIKAT HALAL. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi NUR BAETI]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_NUR_BAETI[1][1].pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan
penelitian ini adalah : (1) Untuk mengeksplorasi apakah terdapat perbedaan dalam performa dan daya saing UMKM sebelum dan sesudah mendapatkan sertifikat halal (2) Untuk mengeksplorasi strategi pemasaran yang digunakan oleh UMKM bersertifikat halal dalam memasarkan produk mereka. Penelitian ini dilakukan
pada pemilik usaha UMKM yaitu Usaha Kerupuk Rumput Laut Mammik dan Usaha Juragan Es Lilin pada Kota Palopo. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang didukung pedoman wawancara.Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan pada UMKM setelah memiliki sertifikat halal dilihat dari jumlah penjualannya atau jumlah omzetnya. Adapun strategi pemasaran yang digunakan oleh UMKM bersertifikat halal dalam memasarkan produk mereka yaitu menggunakan strategi
STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Segmenting(Segmentasi pasar) dibagi menjadi 4 jenis yaitu : (1) Segmentasi Perilaku, dalam hal ini masing-masing dari kedua UMKM menggunakan media sosial sebagai bahan acuan untuk dapat melihat sejauh mana respon konsumen dalam membeli produk mereka, dan dengan menggunakan media sosial maka penjualan ini akan lebih banyak
diketahui oleh masyarakat luar sehingga penjualan ini juga dapat di pesan secara online melalui media sosial seperti whatsapp, facebook dan juga Instagram. (2)Segmentasi Demografis, dalam hal ini masing-masing dari kedua pemilik UMKM memperuntukkan penjualannya kepada ibu-ibu rumah tangga. Melihat bahwa ibu ibu lebih dominan untuk berbelanja kebutuhan atau makanan yang sehat untuk keluarganya. (3) Segmentasi Geografis, Dalam hal ini Lokasi atau tempat penjualan dari masing-masing UMKM yaitu di kediamanannya (rumahnya) yang berada di Kota Palopo. Dimana dapat kita ketahui bahwa cuaca di Kota Palopo yaitu musim hujan dan musim kemarau, pada saat musim kemarau UMKM Juragan Es lilin mengalami peningkatan penjualan karena cuacanya yang panas sehingga mendukung untuk para konsumen membeli produknya. (4) Segmentasi Psikografis, dimana dapat diketahui bahwa produk yang dijual oleh UMKM Kerupuk Rumput Laut Mammik dan Juragan Es Lilin adalah produk yang cukup familiar pada lidah masyarakat Kota Palopo. Targeting (Target Pasar) yaitu ibu ibu rumah tangga, Positioning (Posisi Produk) yaitu label atau logo pada kemasan produk.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran,UMKM, Sertifikat Halal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:16 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:16 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10691 |