Wildayani, - (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GENIALLY DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Wildayanti] Text (Skripsi Wildayanti)
SKRIPSI WILDAYANI[1].docx

Download (18MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran matematika berbasis genially. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media dan materi, dan prototype akhir media pembelajaran matematika berbasis genially.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: analisis (Analyze), desain (Design), dan pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk berupa media dan materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli media dan materi berada pada kategori sangat valid, (2) prototype akhir dari media pembelajaran matematika berupa media pembelajaran matematika berbasis genially dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII. Adapun produk yang dikembangkan memuat menu utama yang terdiri dari petunjuk, materi, profil pengembang, kompetensi dasar dan indikator pembelajaran, dan kuis dalam bentuk website educandy. Implikasi dari media pembelajaran matematika berbasis genially adalah: (1) memudahkan siswa untuk belajar mandiri, (2) menjadi daya tarik pada proses pembelajaran karena tampilan media menarik, (3) alternatif bahan ajar guru.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Genially, Bangun Ruang Sisi Datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:21
Last Modified: 15 Jul 2025 07:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10692

Actions (login required)

View Item
View Item