Purnamasari, Ranti (2018) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Ranti Purnamasari]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RANTI PURNAMASARI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD), Motivasi Belajar.
Skripsi ini membahas tentang (1) gambaran motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo yang menggunakan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD) dan yang tidak menggunakan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD), (2) pengaruh penerapan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 palopo tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 8 kelas dan berjumlah sebanyak 257 siswa. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 65 siswa dimana kelas eksperimen yaitu kelas VIIA sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VIIC sebanyak 33 siswa.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 palopo tahun pelajaran 2017/2018 yang diajar menggunakan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD) memperoleh Rata-rata hasil motivasi belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo yang tidak menggunakan model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD) = ; standar deviasi (S) = 4,570; skor terendah = 51 dan skor tertinggi = 73. Sedangkan rata-rata hasil motivasi belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD) = ; standar deviasi (S) = 3,3062; skor terendah = 62 dan skor tertinggi = 77. Sedangkan hasil statistik inferensial diperoleh zhitung ztabel maka, berdasarkan analisis statistik deskriptif dan inferensial diperoleh motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 palopo yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD) berbeda dengan motivasi belajar matematika siswa yang tidak diajar dengan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD).
Melihat hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD) lebih memberikan hasil yang lebih baik terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan siswa yang tidak diajarkan dengan Model Kooperatif Tipe Quick on the Draw (QD).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 07:35 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 07:35 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10694 |