Audrianti (2025) PENERAPAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN . KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA . . PADA KELAS III DI SDN 5 SALAMAE KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Audrianti]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AUDRIANTI (PGMI 20).pdf
Download (5MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan model Self-Directed Learning (SDL) berbantuan video animasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada kelas III di SD Negeri 5 Salamae Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model selfdirected learning (SDL) berbantuan video animasi dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III di SD Negeri 5 Salamae Kota Palopo. 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III di SD Negeri 5 Salamae Kota Palopo menggunakan model SelfDirected Learning (SDL) berbantuan video animasi.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian di SDN 5 Salamae Kota Palopo dengan waktu penelitian pada tanggal 04 Maret s/d 31 Juli 2024. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas III. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Model SelfDirected Learning (SDL) berbantuan video animasi terbukti efektif karena mampu menigkatkan keterlibatan siswa dalam menulis karangan narasi dimana Model SelfDirected Learning (SDL) memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara mandiri, sementara media video animasi digunakan untuk meningkatkan daya tarik dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. (2) Hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan menulis siswa, yang ditandai dengan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran serta peningkatan skor rata-rata tes menulis narasi pada setiap siklus, dimana skor ratarata pada siklus I yaitu 60,18 dengan kategori cukup, dan skor rata-rata pada siklus II yaitu 78,21 dengan kategori baik.
Kata Kunci: Self-Directed Learning, video animasi, menulis narasi, pendidikan dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 00:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 00:12 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10698 |