Azzahra, Zhalia (2025) STRATEGI REKRUTMEN GURU PROFESIONAL DI SDIT INSAN MADANI KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Zhalia Azzahra] Text (Skripsi Zhalia Azzahra)
SKRIPSI ZHALIA AZZAHRA (MPI 20).pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi rekrutmen guru profesional di SDIT Insan Madani Kota Palopo. Dalam observasi awal salah satu kendala dalam rekrutmen guru adalah ketidak sesuaian klasifikasi pendidikan calon guru dengan kebutuhan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan rekrutmen guru di SDIT Insan Madani dan strategi rekrutmen guru di SDIT Insan Madani Kota Palopo. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualiatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan rekrutmen guru di SDIT Insan Madani Kota palopo terdiri dari tahapan perencanaan, pengumuman informasi rekrutmen, seleksi, penentuan dan penerimaan, orientasi
dan magang. Strategi rekrutmen di SDIT Insan Madani Kota Palopo sudah dilaksanakan dengan baik dan dimaksimalkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Adapun strategi yang digunakan dalam rekrutmen guru di SDIT Insan
Madani Kota Palopo yaitu: 1) Prioritas penghafal Al-Qur’an untuk guru Qur’an, 2) Rekrutmen dilakukan pasa akhir semester genap dan sesuai kebutuhan, 3) Publikasi informasi rekrutmen dengan memanfaatkan teknologi, 4) Prioritas calon guru dengan lulusan nilai terbaik, 5) Pembentukan tim rekrutmen yang ahli di
bidangnya. 6) Pengembangan kompetensi guru. Faktor pendukung trategi rekrutmen guru profesional di SDIT Insan Madani Kota palopo yaitu; komitmen pimpinan yang emberikan dukungan dan support dalam pelaksaan rekrutmen
guru, banyak lulusan sarjana pendidikan yang mendaftarkan diri dalam kegiatan rekrutmen guru, relasi dari pegawai atau guru, yayasan, dan orag tua dalam penyebaran informasi rekrutmen guru, serta citra positif sekolah juga dapat menarik calon guru yang berkualitas. Faktor penghambat yang menghambat
kegiatan rekrutmen di SDIT Insan Madani Kota Palopo diantaranya; sebagian guru baru belum memiliki kapasitas dan pengalaman yang cukup untuk diberikan tangung jawab sebagai wali kelas dan guru mata pelajaran, loyalitas dan komitmen guru belum sepenuhnya ingin mengabdi, kesejahteraan guru atau gaji
dan pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Jul 2025 23:51
Last Modified: 15 Jul 2025 23:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10700

Actions (login required)

View Item
View Item