Hengki, - (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Hengki]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HENGKI_SKRIPSI_.pdf
Download (3MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan instrumen tes berbasis high order thinking skill (HOTS) pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes yang berbasis high order thinking skill (HOTS) yang tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik serta valid dan reliabel dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (RnD), dengan model Plomp yang terdiri dari lima tahapan, yaitu fase investigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/contruction), fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision) dan fase implementasi (implementation). Subjek penelitian ini adalah ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Palopo dengan jumlah siswa 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi isi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tingkat kesukaran instrumen tes memuat tingkat kesukaran yang bervariasi, yaitu mudah, sedang dan sukar (2) daya pembeda instrumen tes bervariasi yaitu baik dan sangat baik (3) validitas instrumen tes masuk dalam kategori “valid”, t-hitung setiap soal lebih besar dari nilai t-tabel 4 Reliabilitas instrumen tes masuk dalam kategori “sangat tinggi”. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 67,6 masuk dalam kategori sedang.
Kata Kunci: Instrumen Tes, Soal HOTS, Pengembangan Model Plomp.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.6 Organisasi dan Manajemen di Bidang Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 00:26 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 00:26 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10705 |