Rahmawati, Rahmawati (2025) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PALOPO BAGIAN PUTRI. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Rahmawati]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RAHMAWATI (MPI 18).pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang supervisi kepala sekolah. dalam
meningkatkan professional guru di Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman Putri Palopo. Dengan adanya supervisi yang baik diharapkan dapat membantu para guru dalam proses dan meningkatkan profesional guru. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui gambaran: (1) bagaimana perencanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru; (2) bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru; (3) bagaimana kendala supervisi
kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait permasalahan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik editing. Keabsahan data dilakukan dengan cara teknik tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan supervisi kepala
sekolah dalam meningkatkan professional guru di PMDS Putri pertama dengan menentukan program dan tujuan supervisi, menilai kebutuhan masalah yang ada, observasi kelas, dialog dengan guru menyusun program supervisi, menentukan
waktu dan melibatkan semua pihak kemudian melaksanakan supervisi. (2) dalam pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan professional guru di PMDS Palopo melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelasanaan, dan evaluasi, adapun jadwal pelaksannaan supervisi di PMDS Palopo dilakukan 2 kali dalam 1 tahun setiap semester ganjil dan genap. (3) untuk kendala supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di PMDS Palopo terkendala karena kurangnya keterbatasan waktu, kurangnya guru senior/sejawat, kurangnya dana, dan masih ada sebagian guru yang belum memiliki handphone android maka dari itu terkendala terkait informasi supervisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 00:36 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 00:36 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10707 |