Surtiani, - (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI TERHADAP SOAL OPEN ENDED PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DI MAN PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Sutriani] Text (Skripsi Sutriani)
SURTIANI SKRIPSIIIII.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI Terhadap Soal Open Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar di MAN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap soal open ended materi lingkaran untuk kategori minat belajar rendah, sedang, tinggi siswa kelas XI MAN Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Palopo yang terdiri dari 9 kelas dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI.E MAN Palopo yang berjumlah 29 siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diukur menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah oleh Polya yang terdiri dari 4 indikator, yaitu: memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan melakukan pengecekan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket minat belajar siswa dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Adapun teknik analisis data yang dilakukan ada 2 yaitu analisis data hasil angket minat belajar siswa dan analisis data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap soal open ended materi lingkaran untuk kategori minat belajar rendah adalah siswa belum mampu menyelesaikan semua indikator kemampuan pemecahan masalah dengan baik. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap soal open ended materi lingkaran untuk kategori minat belajar sedang adalah siswa mampu menyelesaikan indikator 1 dan 3 dengan baik tetapi belum mampu menyelesaikan indikator 2 dan 4 dengan baik. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap soal open ended materi lingkaran untuk kategori minat belajar tinggi adalah siswa mampu menyelesaikan semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik.




Kata Kunci: Analisis, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Lingkaran, Open Ended, Minat Belajar.
ABSTRACT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 16 Jul 2025 00:39
Last Modified: 16 Jul 2025 00:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item
View Item