Kartika, Lutfiah (2025) PENGARUH LITERASI HALAL, KESADARAN HALAL (HALAL AWARENESS), RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PENERBITAN SERTIFIKASI HALAL PADA UMKM DENGAN KEMUDAHAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi LUTFIAH KARTIKA]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI LUTFIAH KARTIKA...pdf - Published Version
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi di Kota Palopo yang memiliki jumlah UMKM yang sangat banyak, namun masih sedikit di antaranya yang telah memiliki sertifikasi halal. Padahal, sertifikasi halal menjadi sangat penting dalam memberikan jaminan kehalalan dan keamanan produk kepada konsumen,
khususnya dalam masyarakat mayoritas Muslim. Rendahnya kesadaran dan pemahaman pelaku UMKM terkait pentingnya sertifikasi halal serta persepsi terhadap kemudahan prosesnya menjadi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan untuk mengajukan sertifikasi halal. Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan untuk menganalisis pengaruh literasi halal, kesadaran halal, dan religiusitas terhadap keputusan penerbitan sertifikasi halal oleh UMKM, serta melihat peran kemudahan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner kepada pelaku UMKM di Kota Palopo. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi halal berpengaruh signifikan dan berkorelasi negatif terhadap keputusan penerbitan sertifikasi halal, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi halal yang dimiliki pelaku UMKM,justru semakin rendah kecenderungan mereka untuk menerbitkan sertifikasi halal.
Selanjutnya, kesadaran halal tidak berpengaruh signifikan dan memiliki korelasi negatif terhadap keputusan penerbitan sertifikasi halal, ini menunjukkan bahwa kesadaran halal yang dimiliki oleh pelaku UMKM belum cukup kuat untuk
mendorong pengambilan keputusan dalam menerbitkan sertifikasi halal. Sedangkan religiusitas berpengaruh signifikan dan memiliki korelasi positif. Artinya, semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang, maka semakin besar kecenderungan mereka untuk mengurus sertifikasi halal. Kemudian, variabel kemudahan tidak mampu memoderasi pengaruh literasi halal, kesadaran halal dan
religiusitas terhadap keputusan penerbitan sertifikasi halal, temuan ini menunjukkan bahwa kemudahan memiliki peranan penting dalam mendorong UMKM untuk menerbitkan sertifikasi halal.
Kata Kunci : Literasi Halal, Kesadaran Halal, Religiusitas, Sertifikasi Halal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 00:48 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 00:48 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10709 |