Aisyah, Sitti Nur (2025) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMANAN KONSEP SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS KELAS V SDIT AL BASHIRAH PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Sitti Nur Aisyah] Text (Skripsi Sitti Nur Aisyah)
SKRIPSI SITTI NUR AISYAH (PGMI 20).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas pokok permasalahan yang berkenaan dengan pemahamaan konsep siswa melalui penerapan metode eksperimen berbasis lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode eksperimen berbasis lingkungan di kelas V SDIT Al Bashirah Palopo. (2) Untuk menganalisis penerapan metode eksperimen berbasis lingkungan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi energi panas di kelas V SDIT Al Bashirah Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDIT Al Bashirah Palopo yang berjumlah 21 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode eksperimen berbasis lingkungan merupakan strategi pembelajaran yang mengintegrasikan pengalaman langsung siswa melalui percobaan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media belajar. Metode ini mendorong siswa untuk melakukan percobaan, mengamati fenomena nyata, dan memahami konsep ilmiah secara lebih konkret. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pada tahap prasiklus, rata-rata nilai pemahaman konsep siswa adalah 47,61. Setelah penerapan metode eksperimen berbasis lingkungan, rata-rata nilai pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 64,28 pada siklus I. Selanjutnya, pada siklus II, rata-rata nilai pemahaman konsep siswa mencapai 78,09. Dengan demikian, penerapan metode eksperimen berbasis lingkungan di kelas V SDIT Al Bashirah Palopo, dari siklus pertama hingga siklus kedua, menunjukkan hasil yang efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa metode tersebut mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih aktif dan bermakna bagi siswa.
Kata Kunci: metode eksperimen berbasis lingkungan, pemahaman konsep, energi panas, pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 16 Jul 2025 00:51
Last Modified: 16 Jul 2025 00:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item
View Item