Syaifullah, M (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI KELAS X BATARA GURU SMA NEGERI 6 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
M. SYAIFULLAH.pdf

Download (22MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi barisan dan deret di kelas X Batara Guru SMA Negeri 6 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share), mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebelum dan sesudah diberi model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share), dan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi Matematis peserta didik kelas X Batara Guru SMA Negeri 6 Palopo.
Penelitian ini menggunakan desain pre experimental dengan tipe one group pre-test - post-test. Populasi pada penelitian ini terdiri dari dari 5 kelas dengan jumlah 166 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, dan digunakan sebanyak 1 kelas yaitu kelas X Batara Guru dengan jumlah sampel 32 orang peserta didik. Data diperoleh melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik terhadap keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) berada pada kategori sangan baik, sedangkan aktivitas guru terhadap keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) berada pada kategori baik. Adapun rata-rata hasil pre-test kelas X Batara Guru berada pada kategori sangat rendah, sedangkan rata-rata hasil post-test kelas X Batara Guru berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai sig. (2-tailed) ≤ 0,05 atau 0,000 ≤ 0,05 sehingga 0 ditolak dan 1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas X Batara Guru SMA Negeri 6 Palopo.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share), Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510.1 Filsafat dan Teori Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:22
Last Modified: 16 Jul 2025 01:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10713

Actions (login required)

View Item
View Item