Rustam, Fadillah (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Fadillah Rustam] Text (Skripsi Fadillah Rustam)
SKRIPSI FADILLAH RUSTAM(PEND. MATEMATIKA 21).pdf

Download (18MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga, minat dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dan tidak diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga serta efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga dalam meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo.
Penelitian ini menggunakan desain true experimental dengan tipe pre-test dan post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari dari 8 kelas dengan jumlah 228 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, dan digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah sampel 59 orang siswa. Data diperoleh melalui observasi, angket dan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji independent t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga dilihat dari aktivitas siswa dan guru sudah sangat baik. Minat belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga adalah tinggi, sedangkan yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga adalah sedang. Hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga adalah tinggi, sedangkan yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga adalah sedang. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media ular tangga efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga dapat menjadi salah satu model yang diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Minat Belajar Matematika, Model Pembelajaran TGT, Ular Tangga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 511.3 Logika Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 16 Jul 2025 01:31
Last Modified: 16 Jul 2025 01:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10716

Actions (login required)

View Item
View Item