Rismawti, - (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Rismawati]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI CIMMA.pdf
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo yang diajar dengan media pembelajaran team assisted individualization? (2). Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo yang tidak diajar dengan media pembelajaran team assisted individualization? (3). Apakah media pembelajaran team assisted individualization efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2.
Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 9 kelas dan berjumlah sebanyak 262 siswa. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa dimana kelas eksperimen yaitu kelas
VII7 sebanyak 31 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII8 sebanyak 31 siswa.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo tahun pelajaran 2017/2018 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assissted individualization memperoleh rata-rata nilai pre-test = 59,06 berada pada kategori
“kurang” dan rata-rata nilai post-test = 83,68 berada pada kategori “baik”. Sedangkan hasil belajar matematika siswa VII SMP Negeri 2 Palopo tahun pelajaran 2017/2018 yang tidak diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization memperoleh rata-rata nilai pre-test = 58,87 berada pada kategori “kurang” dan rata-rata nilai post-test = 77,94 berada pada kategori “cukup baik”. Sedangkan hasil statistik inferensial diperoleh zhitung > ztabel maka, berdasarkan analisis statistik deskriptif dan inferensial diperoleh hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization berbeda dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization.
Melihat hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization lebih memberikan hasil yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa dibandingkan siswa yang tidak diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization. Hal ini diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci : Efektivitas, Team Assisted Individualization.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:40 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10719 |