Hariyanti, Hariyanti (2025) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH PADA PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMAN 1 KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Hariyanti] Text (Skripsi Hariyanti)
SKRIPSI HARIYANTI (MPI 20).pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Kepemimpinan
Transformasional Pada Peningkatan Kinerja Guru Di SMAN 1 Kota Palopo. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui kinerja guru, implementasi kepemimpinant ransformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, dan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang berkontribusi dalam
implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Palopo Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dengan model analisis
interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kinerja guru di SMAN 1 Palopo mengalami peningkatan, guru mampu merancang bahan ajar dengan baik, guru mampu menguasai dan memahami bahan ajar, mampu menggunakan metode yang bervariasi dan guru mampu memahami peserta didik. 2) implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Palopo di antaranya. kepemimpinan ideal/karismatik, dapat memberikan daya tarik pribadi yang dimiliki oleh kepala sekolah, implementasi
inspirasional motivasi, memberikan dorongan semangat secara langsung kepada pendidik melalui rapat forum mingguan, implementasi stimulasi intelektual, kepala sekolah memberikan ilmu dan wawasan melalui MGMP dan worskop pelatihan lainya, Implementasi Pertimbangan individual, kepala sekolah bermitra
dengan guru untuk memberikan solusi dari masalah yang di hadapi. 3) faktor internal yang berkontribusi yaitu lingkungan sekolah yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadai, rasio guru dan siswa yang ideal. Faktor eksternal yang
berkontribusi dalam implementasi kepemimpinan transformasional adalah adanya dukungan dari instansi dari luar dan pihak orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 16 Jul 2025 05:36
Last Modified: 16 Jul 2025 05:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10722

Actions (login required)

View Item
View Item