Putriani, Putriani (2025) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY GURU DI SMK NEGERI 2 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Putriani] Text (Skripsi Putriani)
SKRIPSI PUTRIANI (MPI 20).pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Self-efficacy Guru di SMK Negeri 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan, Untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan self-efficacy guru di SMK Negeri 2 Palopo; Untuk mengetahui hambatan yang di hadapi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan self-efficacy guru di SMK Negeri 2 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber data penelitian yakni kepala
sekolah , wakil kepala sekolah, serta empat guru lainnya. Dan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Data display, dan Conclusion drawing. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa
mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan self-efficacy guru di sekolah tersebut kurang efektif, Maka dari itu di SMK Negeri 2 Palopo, masih diperlukan upaya untuk meningkatkan dan mendorong keyakinan diri terhadap
para guru agar lebih optimal. Hal ini dikarenakan terdapat hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan self-efficacy guru, oleh karena itu kepala sekolah menerapkan dua jenis kepemimpinan yaitu, kepemimpinan transformasional, Kepala sekolah secara konsisten menggerakkan serta
menginspirasi para guru, memotivasi para guru. Dan kepemimpinan partisipatif, kepala sekolah mengadakan pertemuan rutin untuk berbicara tentang pembelajaran, di mana guru-guru memberikan masukan yang diharapkan mereka
dari sekolah. Terdapat juga dua bentuk self –efficacy guru yang diterapkan yaitu self-efficacy guru dalam pembelajaran sosial, guru tidak hanya memfasilitasi pembelajaran akademik, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial yang kritis dalam berinteraksi dengan orang lain di lingkungan yang beragam dan kompleks. Serta self-efficacy guru dalam penerapan
self-regulated learning, guru bukan hanya memengaruhi kualitas penerapan SRL di kelas, tetapi juga memberikan fondasi yang kuat bagi perkembangan keterampilan belajar mandiri dan kemandirian siswa secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 16 Jul 2025 05:49
Last Modified: 16 Jul 2025 05:49
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item
View Item