Adawiah S, Rabiatul (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM PEMBELAJARAN MODEL DIRECT INSTRUCTION MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS 1 SDN 50 BULU DATU. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Rabiatul Adawiah] Text (Skripsi Rabiatul Adawiah)
SKRIPSI RABIATUL ADAWIAH S.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 50 Bulu Datu, Kota Palopo, melalui penerapan model Direct Instruction berbasis kartu bergambar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan kualitas pengajaran guru.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Pendekatan ini dipilih untuk memungkinkan perbaikan berkelanjutan dalam proses pembelajaran berdasarkan temuan di setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Direct Instruction berbasis kartu bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Sebelum tindakan, hanya 3 dari 22 siswa yang mencapai nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan ≥35, sementara 86% siswa memperoleh nilai rata-rata antara 25 hingga 35. Setelah penerapan model, terjadi peningkatan signifikan, dengan aktivitas guru meningkat dari 77,5% menjadi 97,5%, dan keterlibatan siswa dari 87,5% menjadi 97,5%. Peningkatan hasil tes membaca siswa juga menunjukkan bahwa model ini berhasil membantu siswa mencapai kemampuan membaca yang lebih baik, sejalan dengan teori dan penelitian sebelumnya yang menekankan pentingnya metode pembelajaran terstruktur dan penggunaan media visual.


Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Direct Instruction, Kartu
Bergambar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370.7 Metode Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 17 Jul 2025 00:45
Last Modified: 17 Jul 2025 00:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10733

Actions (login required)

View Item
View Item