Reskinovianti, Reskinovianti (2024) EVALUASI PROGRAM TAHFIZH DI SMPIT AL-HAFIZH KOTA PALOPO: STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SISWA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Reskinovianti] Text (Skripsi Reskinovianti)
SKRIPSI_Reskinovianti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Evaluasi Program Tahfizh di SMPIT Al-Hafizh Kota Palopo: Strategi Guru dalam Meningkatkan Hafalan Siswa. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui fasilitas dan sarana pendukung pelaksanaan program tahfizh di SMPIT Al-Hafizh Kota Palopo, untuk mengetahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan hafalan siswa, untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi saat menerapkan strategi untuk meningkatkan
hafalan siswa, untuk mengetahui keberhasilan strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan hafalan siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif ini secara spesifik lebih diarahkan pada penggunaan metode studi evaluatif, yang merupakan suatu prosedur evaluasi dalam mengumpulkan informasi dan menganalisis data secara sistematis untuk menentukan suatu nilai atau praktik dalam dunia pendidikan.
Evaluasi yang berorientasi keputusan ini menggunakan model evaluasi CIPP (Contect-InputProcess-Product) yang bersifat konprehensif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yatu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
yang dilakukan dapat disimpulkan yaitu: 1) Fasilitas dan sarana pendukung yang ada di SMPIT Al-Hafizh Kota Palopo berperan penting dalam keberhasilan pelaksanaan program tahfizh, semuanya berkontribusi pada efektivitas hafalan dan juga
mendukung siswa dalam meningkatkan hafalan mereka dengan cara yang terstruktur. 2) Strategi yang diterapkan oleh guru di SMPIT Al-Hafizh untuk meningkatkan hafalan siswa meliputi pendekatan individu dan personal siswa, implementasi metode
tikrar, dan penetapan jadwal harian. 3) Upaya guru dalam mengatasi kendala-kendala saat menerapkan strategi peningkatan hafalan di SMPIT Al-Hafizh melibatkan
penerapan teknik motivasi, penerapan teknik murojaah, optimalisasi fasilitas dan sarana, serta sistem penilaian yang jelas. 4) Keberhasilan strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan hafalan siswa di SMPIT Al-Hafizh, diantaranya:
adanya peningkatan jumlah hafalan, peningkatan kualitas hafalan, motivasi dan semangat siswa, kepuasan siswa dan orang tua dan sumber daya fasilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 00:51
Last Modified: 17 Jul 2025 00:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10734

Actions (login required)

View Item
View Item