Zaskia, Nurul (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MONTESSORI PADA SISWA KELAS 1 SDN 27 LEBANG KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nurul Zaskia]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Nurul Zaskia.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas pokok permasalahan yang berkenaan dengan keterampilan membaca permulaan dan metode montessori siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri 27 Lebang Kota Palopo. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan keterampilan membaca permulaan melalui metode montessori.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan menggunakan model penelitian kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan. Penelitian ini dilakukan di SDN 27 Lebang Kota Palopo. Objek penelitian ini adalah metode montessori yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, subjek penelitian siswa Sekolah Dasar Negeri 27 Lebang kelas I yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa pada tahap prasiklus, keterampilan membaca permulaan siswa mendapatkan nilai rata-rata adalah 52%. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode montessori, pada siklus 1 keterampilan membaca permulaan siswa dengan nilai rata-rata adalah 60%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II, membaca permulaan siswa dengan nilai rata- rata adalah 78%. Dengan demikian, keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 27 Lebang Kota Palopo dengan meningkatkan membaca permulaan siswa melalui metode montessori yang dimulai dari siklus pertama sampai siklus ke-2 menunjukkan hasil yang efektif. Oleh karena itu, metode montessori perlu dijadikan referensi guru dalam kegiatan pembelajaran keterampilan membaca permulaan di sekolah dasar, khususnya SDN 27 Lebang Kota Palopo.
Kata Kunci: Metode Montessori, Membaca Permulaan, Peningkatan
ABSTRACT
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:05 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10735 |