Wulandari, Mustika (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA FIKSI SAWERIGADING BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL PADA TEMA 9 MENJELAJAH ANGKASA LUAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Mustika Wulandari] Text (Skripsi Mustika Wulandari)
SKRIPSI MUSTIKA WULANDARI (PGMI 18).pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Pengembangan bahan ajar cerita fiksi Sawerigading berbasis media audio visual tema 9 menjelajah angkasa luar kelas VI SD Negeri 41 Batuputih kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar cerita fiksi Sawerigading berbasis media audio visual tema 9 menjelajah angkasa luar kelas VI SD Negeri 41 Batuputih kota Palopo,(2) Untuk mengetahui rancangan pengembangan bahan ajar cerita fiksi Sawerigading berbasis media audio visual tema 9 menjelajah angkasa luar kelas VI SD Negeri 41 Batuputih kota Palopo,(3) Untuk mengetahui validitas dan praktikalitas bahan ajar cerita fiksi
Sawerigading berbasis media audio visual tema 9 menjelajah angkasa luar kelas VI SD Negeri 41 Batuputih kota Palopo.
Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Analisis kebutuhan dari produk yang dikembangkan dalam bahan ajar cerita Fiksi Sawerigading berbasis Media Audio Visual yakni analisis masalah dan analisis kebutuhan. (2) Rancangan Media Audio Visual di SD Negeri 41 Batu putih Kota Palopo terdiri dari rancangan awal yaitu pembuatan peta materi dan pembuatan storyboad selanjutnya tahap pengembangan yaitu pemilihan karakter, penambahan materi, penambahan ikon dari software I Spring Suite, serta penambahan animasi. (3) Validitas pengembangan Media Audio Visual terdiri dari ahli materi dengan skor 95%, ahli media mendapat skor 100 % dan ahli bahasa dengan skor 90% serta semua masuk dalam kategori “sangat layak”. (4) Praktikalitas Media Audio Visual dari guru mendapat skor 100 % masuk dalam kategori “sangat praktis” dan untuk siswa mendapat skor 91 % serta masuk dalam kriteria “ Sangat praktis”.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Audio Visual di sekolah dapat membantu guru dalam menjelaskan materi Pelajaran kepada siswa serta penggunaan media Audio Visual dapat dikembangkan dan digunakan saat proses belajar mengajar. Kata Kunci:Pengembangan, Media Audio Visual ,Sawerigading

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:18
Last Modified: 17 Jul 2025 01:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item
View Item