Maulia, Tasya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL MATERI NORMA DALAM ADAT ISTIADAT DAERAHKU FASE B KELAS IV SDN 37 MAWA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Tasya Maulia]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TASYA MAULIA.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis komik digital materi norma dalam adat istiadat daerahku fase B Kelas IV SDN 37 Mawa, untuk mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis komik digital materi norma dalam adat istiadat daerahku fase B Kelas IV SDN 37 Mawa, untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran berbasis komik digital materi norma dalam adat istiadat daerahku fase B Kelas IV SDN 37 Mawa dan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran berbasis komik digital materi norma dalam adat istiadat daerahku fase B Kelas IV SDN 37 Mawa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 37 Mawa, subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 25 orang dan wali kelas IV. Objek yang diteliti media pembelajaran berbasis komik digital. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan sebuah analisis kebutuhan bahwa peserta didik lebih menyukai media pembelajaran yang berwarnaa dan menampilkan bermacam gambar, selanjutnya akan dilakukan uji kevalidan produk. Hasil validasi desain media pembelajaran memperoleh nilai 76,19% kategori valid, validasi materi memperoleh nilai 85% kategori sangat valid, dan validasi bahasa memperoleh nilai 85% kategori sangat valid, pada tahap implementasi setelah produk dinyatakan valid selanjutnya memberikan angket kepraktisan kepada peserta didik dengan memperoleh nilai sebesar 98,93% dan kepraktisan guru memperoleh nilai sebesar 98,33%, Serta berdasarkan hasil uji coba keefektifan yang telah dilakukan pada siswa kelas IV diperoleh nilai rata-rata pre-test 55,92 sedangkan rata-rata nilai post-test sebesar 87,4. Hasil uji N-Gain memperoleh rata-rata 0,71 dengan kategori tinggi. Sehingga media pembelajaran berbasis komik digital materi norma dalam adat istiadat daerahku ini efektif untuk digunakan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Komik Digital, Norma dan Adat Istiadat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.102 Pendidikan, Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:30 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 01:30 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10742 |