Nashar, Nashar (2025) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN PENDIDIKAN SOROWAKO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nashar] Text (Skripsi Nashar)
SKRIPSI NASHAR (MPI 21).pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru di SMA Yayasan Pendidikan Sorowako. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat calon peserta didik baru di
SMA Yayasan Pendidikan Sorowako. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi
dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan data yang bersumber dari informan serta dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Minat peserta didik baru di SMA YPS dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya dorongan keluarga, pengaruh status sosial dan budaya. (2) SMA Yayasan Pendidikan Sorowako memiliki strategi dalam melakukan
pemasaran sekolah yang pertama menyusun program unggulan kurikulum dan layanan tambahan, melakukan peningkatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, mengembangkan SDM yang siap bekerja dan berkualitas, pendidikan gratis bagi semua peserta didik, menyediakan fasilitas bus sekolah
yang dapat digunakan oleh siswa untuk berangkat dan pulang sekolah, informasi mengenai PPDB melalui berbagai media seperti website sekolah, media sosial, google meet dan pamphlet, penguatan branding sekolah dengan menonjolkan kekhasan sekolah seperti pembinaan, prestasi siswa, kedisiplinan sekolah, dan kualitas pembelajaran serta melakukan peningkatan keterserapan alumni di perguruan tinggi melalui program bimbingan belajar. (3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pemasaran pendidikan adalah kurangnya pemahaman orang
tua terkait persyaratan pendaftaran. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pemasaran pendidikan adalah keamanan sistem seleksi dalam menjaga proses PPDB dan fasilitas pemantauan online bagi orang tua juga disediakan untuk memberikan kemudahan dalam memantau anak mereka saat mengikuti tes
secara daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:39
Last Modified: 17 Jul 2025 01:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10743

Actions (login required)

View Item
View Item