Nurlia, Iza and - (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBANTU APLIKASI ASSEMBLR PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 229 SIDOBINANGUN KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Iza Nurlia] Text (Skripsi Iza Nurlia)
SKRIPSI IZA NURLIA (PGMI 20).pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengembangan media Augmented Reality pada materi organ pernapasan manusia di kelas v SD Negeri 229 Sidobinangun kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada materi organ pernapasan manusia (2) menyusun design (rancangan) media pembelajaran Augmented Reality pada materi organ pernapasan manusia (3) mengetahui kevalidan media pembelajaran augemented reality pada materi organ pernapasan manusia dan (4) mengetahui kepraktisan media pembelajaran Augmented Reality berbantu aplikasi Assemblr pada materi organ pernapasan manusia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu: tahap analyze (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2024 dengan melibatkan 17 orang siswa kelas V SD Negeri 229 Sidobinangun. Sedangkan objek penelitiannya adalah media pembelajaran Augmented Reality yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan wawancara kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil validitas media pembelajaran Augmented Reality yang telah divalidasi diantaranya ahli bahasa mendapatkan nilai persentase 86% dengan kategori sangat valid, ahli materi mendapatkan nilai persentase 87% dengan kategori sangat valid dan ahli media mendapatkan nilai persentase 75% dengan kategori valid. Hasil yang sangat memuaskan dan positif dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan oleh siswa sebesar 91% dengan kategori sangat praktis dan guru kelas V dengan nilai yang diperoleh sebesar 92% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran Augmented Reality yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Augmented Reality, organ pernapasan manusia, pengembangan ABSTRACT

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372.3 Sains untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 17 Jul 2025 01:38
Last Modified: 17 Jul 2025 01:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10744

Actions (login required)

View Item
View Item