Sahrani, Nurul Difa (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JARIMATIKA BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 2 SDN 24 TEMMALEBBA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurul Difa Sahrani] Text (Skripsi Nurul Difa Sahrani)
SKRIPSI NURUL DIFA SAHRANI (PGMI 20).pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai efektivitas penggunaan jarimatika berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar matematika konsep penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas 2 SDN 24 temmalebba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan jarimatika berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar matematika pada konsep penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SDN 24 Temmalebba.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experimental design tipe two-group pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 60 siswa, yang terbagi dalam kelas eksperimen (II A) dan kelas kontrol (II B), masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan posttest serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil pretest dan posttest siswa di kelas eksperimen terjadi peningkatan yang cukup signifikan, dimana nilai rata-rata pretest adalah 71,00 dan nilai posttest jauh lebih meningkat dengan nilai rata-rata 88,67. Adapun hasil pretest dan posttest di kelas kontrol dimana nilai rata - rata pretest adalah 64,67 dan nilai rata-rata posttest adalah 78,00 . Analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji-t menggunakan SPSS 26 independent sample test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya nilai H0 ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode jaritmatika berbantuan media flashcard efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas 2 SDN 24 Temmalebba.

Kata Kunci:Efektivitas, Jarimatika, flashcard, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372.9 Pendidikan Dasar di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:07
Last Modified: 17 Jul 2025 02:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item
View Item