HIKMAH, NUR (2025) STRATEGI DIGITAL LEARNING DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN PENDIDIKAN SOROWAKO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI NUR HIKMAH] Text (SKRIPSI NUR HIKMAH)
SKRIPSI NUR HIKMAH (MPI 21).pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Digital Learning dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Yayasan Pendidikan Sorowako. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan strategi digital learning dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Yayasan Pendidikan Sorowako.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan menggunakan bentuk desain deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenalogis dan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah field research dan library research. Field Research, yaitu pengempulan data yang berkaitan dengan judul skripsi ini langsung dari lokasi penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara Library Research, yaitu metedo pengumpulan data yang dilakukan dengan cara membaca buku-buku yang merujuk dengan pembahasan skripsi ini penulis menggunakan teknik pengutipan langsung dan pengutipan tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) SMA Yayasan Pendidikan Sorowako menerapkan kurikulum merdeka belajar dan digital learning dengan platform Google WorkSpace For Education (google, google drive, google
classroom, google document, google slide, google form, google spreadsheets, google calender dan g-mail) dengan menggunakan alat chromebook sebagai media pembelajaran (2) Strategi SMA Yayasan Pendidkan Sorowako menerapkan kurikulum merdeka belajar yaitu memiliki isfrastuktur yang memadai memastikan
semua siswa mempunyai perangkat Chromebook, akses internet yang stabil, memilih platform media pembelajaran dan mengembangkan kapasitas guru (3) faktor internal dan eksternal yang berkontribusi dalam strategi digital learning dalam penerapan kurikulum merdeka adalahh faktor internal: PT Vale Indonesia tbk dukungan kepala sekolah dan jajarannya, motivasi intrinsik minat dan keinginan siswa yang kuat untuk belajar siswa dan kesiapan guru, Sedangkan Faktor eksternal yang berkontrbusi dalam strategi digital learning dalam penerpan kurikulum
merdeka belajar di SMA Yayasan Pendidikan Sorowako adalah pemerintah dan PT Reformasi Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 375.001 Perkembangan Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:17
Last Modified: 17 Jul 2025 06:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10764

Actions (login required)

View Item
View Item