Utari, Nihma (2025) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR E-KOMIK BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN SEBAGAI EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING DI SDN 525 LABEMBE KECAMATAN PONRANG. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NIHMA UTARI (PAI 20).pdf
Download (7MB)
Abstract
Masalah bullying akan terus menerus terjadi dilingkup pendidikan, bullying akan mempengaruhi kualitas generasi bangsa ke depan maka dari itu sangat diperlukan adanya edukasi tentang pencegahan bullying dengan menerapkan nilai-nilai keislaman yang dapat disampaikan melalui sumber belajar komik agar dapat mencegah bullying itu terjadi. Penelitian bertujuan unutuk mengetahui tiga hal: 1) tahapan pengembangan sumber belajar komik berbasis niai-nilai keislaman sebagai edukasi pencegahan bullying di SDN 525 Labembe 2) tingkat kelayakan sumber belajar komik berbasis niai-nilai keislaman sebagai edukasi pencegahan bullying 3) respon peserta didik terhadap sumber belajar komik berbasis niai-nilai keislaman sebagai edukasi bullying.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model four D (4D), define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Lokasi penelitian yaitu di SDN 525 Labembe. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan. Subjek penelitian pengembangan yang dilakukan pada penelitian tertuju kepada peserta didik kelas 4 SDN 525 Labembe. Metode pengumpulan data yang digankan adalah observasi, wawancara, angket validitas, dan angket respon peserta didik. Analisis deskriptif kualitatif, analysis kuantitatif, analisis angket validasi, dan analisis angket respon peserta didik adalah metode yang digunakan dalam analisis data.
Tahap pengembangan sumber belajar komik berbasis nilai keislaman sebagai edukasi pencegahan bullying dilakukan dengan menggunakan tahap penembangan model 4D. Pada tahap define dilakukan beberapa tahap yakni analisis awal, analisisi peserta didik, dan analisis materi. Selanjutnya pada tahap design dilakukan pemilihan media, pemilihan format, dan mendesain komik. Selanjutnya tahap develop dilakukan validasi ahli dengan perolehan skor validasi media 93,43%, validasi materi 82,50%, validasi bahasa 89,2%. dan uji kelayakan pengguna dengan perolehan skor angket respon peserta didik 87,90 sangat layak digunakan, setelah itu ketahap terakhir yaitu disseninate, pada tahap disseninate dilakukan penyebaran dengan menyerahkan barcode kepada pihak sekolah dan membagikan link komik pada grup whatsapp kelas sebagai sumber belajar dalam upaya pencegahan bullying.
Kata Kunci: Edukasi pencegahan bullying, komik, nilai-nilai keislaman, SDN 525 Labembe.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:22 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:22 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10775 |