Andini, Regita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAJADAH PINTAR PADA MATA PELAJARAN TATA CARA SHALAT DI KELAS IV SDN 18 MAROANGIN. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI REGITA ANDINI] Text (SKRIPSI REGITA ANDINI)
SKRIPSI REGITA ANDINI(PAI 20).pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran Sajadah Pintar pada Mata Pelajaran Tata Cara Shalat di Kelas IV SDN 18 Maroangin. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran sajadah pintar. 2) untuk mengetahui validitas pengembangan
media pembelajaran sajadah pintar. 3) untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran sajadah pintar pada materi pembelajaran tata cara shalat di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE
(analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu:lembar validasi media pembelajaran, lembar angket respon peserta didik, lembar instrument wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif untuk mengetahui validitas dari media yang dikembangkan, dilakukan
uji validitas oleh validator ahli media, dan ahli materi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tahapan Pengembangan media sajadah pintar menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : analysis (Analisis), design (desain), development (pengembangan),
implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). 2) Tingkat validitas media sajadah pintar dapat dilihat dari lembar instrumen validasi yang telah diisi oleh tim validator ahli yaitu ahli media, dan ahli materi yang merupakan dosen IAIN Palopo. Hasil rata-rata validasi dari ketiga validator ahli yakni ahli media
memiliki kategori valid sebesar 70%, ahli materi memiliki kategori sangat valid sebesar 95%. 3) Berdasarkan respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran sajadah dalam proses pembelajaran dengan diperoleh persentase memenuhi kriteria “sangat tertarik” dengan total skor rata-rata 53,6 dengan jumlah presentase rata-rata 89,36% dan skor maksimal 60.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 17 Jul 2025 23:46
Last Modified: 17 Jul 2025 23:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item
View Item