PASIRA, ERA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KOMIK PADA MATERI AKHLAK TERPUJI DI KELAS IV SDN 116 SEPAKAT KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi ERA PASIRA]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ERA PASIRA (PAI 19).pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media komik pemblajaran pendidikan agama islam pada materi akhlak terpuji di kelas VI SDN 116 Sepakat. Adapun tujuan penelitian: (1)Untuk mengetahui pengembangan media komik pada pembelajaran pendidikan agama islam materi akhlak terpuji di kelas VI SDN
116 Sepakat (2) Untuk mengetahui validitas media komik dalam pendidikan agama islam pada materi akhlak terpuji di kelas VI SDN 116 Sepakat. (3) Untuk mengetahui kepraktisan media komik dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada materi akhlak terpuji kelas VI SDN 116 Sepakat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif menjelaskan berdasarkan nilai dan hasil wawancara yang dilakukan.
Lokasi dan waktu penelitian yaitu di SDN 116 Sepakat. Subjek penelitian yaitu: seluruh siswa agama islam kelas VI SDN 116 Sepakat yang berjumlah 22 Orang. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara. Angket dan dokumentasi. Teknik analisis data (reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan). Pada data hasil uji validitas yang dilakukan oleh validator ahli media, validator ahli materi, dan validator ahli bahasa. Berdasarkan pada data hasil uji validitas yang dilakukan oleh validator ahli media diperoleh persentase sebesar 70,8% kategori valid, pada hasil validasi ahli materi diperoleh 92,8% kategori sangat valid dan hasil validasi ahli bahasa diperoleh persentase 86,3% kategori sangat praktis. Sedangkan berdasarkan data hasil uji praktikalitas guru kelas VI SDN 116 Sepakat memperoleh rata-rata persentase sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji praktikalitas terhadap 22 siswa kelas VI SDN 116 Sepakat media komik yang dikembangkan memperoleh rata-rata persentase sebesar 88,6% kategori sangat
praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, maka media komik yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Peneliti berharap produk
yang dikembangkan dapat memudahkan guru dalam proses pembelajaran dan peserta didik mampu memahami materi akhlak terpuji dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 00:22 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 00:22 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10781 |