ZAINUDDIN, ZAINUL TRIA PUTRA (2025) EVALUASI PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-QASHASH DENGAN MODEL EVALUASI CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT) DI DESA PACONNE KECAMATAN BELOPA UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi ZAINUL TRIA PUTRA ZAINUDDIN] Text (Skripsi ZAINUL TRIA PUTRA ZAINUDDIN)
SKRIPSI ZAINUL TRIA PUTRA ZAINUDDIN (PAI 20).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Qashash di Desa Paconne, Kecamatan Belopa Utara, menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, and Product). Dan untuk mengetahui dan menilai tingkat keberhasilan program pembelajaran yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah evaluasi program dengan menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Penelitian ini terdiri dari empat
komponen yaitu konteks, input, proses, dan produk. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, untuk evaluasi konteks pmenunjukkan bahwa TPA Al-Qashash Desa Paconne hanya memiliki tujuan pembelajaran untuk level A (Iqro’ 1-4) saja tetapi untuk level B (Iqro’ 5-6) dan
level C (Al-Qur’an atau Mushaf) belum memiliki tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur. TPA Al-Qashash memiliki visi yaitu “Menyiapkan Generasi Qur’ani Menyongsong Masa Depan Gemilang”, tetapi tidak memiliki misi yang jelas dan
mendukung visi tersebut. Untuk evaluasi input, Guru di TPA tidak mendapatkan pelatihan secara berkala dan tidak membutuhkan kualifikasi khusus untuk menjadi guru, sarana dan prasarana TPA yang terbatas serta memiliki kualitas yang kurang baik, serta materi ajar yang terbatas. Untuk evaluasi proses, metode pembelajaran yang digunakan sudah cukup bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab, praktek, dan pemberian tugas, interaksi dan keterlibatan antara guru dan santri/santriwati sudah
cukup baik dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan interaktif. Untuk evaluasi produk atau hasil, TPA Al-Qashash sistem penilaian menggunakan penilaian dengan melihat pemahaman dan sikap santri/santriwati, dan santri/santriwati merasa puas terhadap layanan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 00:48
Last Modified: 18 Jul 2025 00:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item
View Item