Rizkyah, Sri (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GAMES EDUKASI DENGAN PENDEKATAN EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIKELAS VIII SMPN 3 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi SRI RIZKYAH] Text (Skripsi SRI RIZKYAH)
SKRIPSI SRI RIZKYAH (PAI 20).pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Media Pembelajaran Games Edukasi dengan Pendekatan Edutainment dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Palopo Kelas VIII.Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran
games edukasi dengan pendekatan edutainment terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Palopo. 2) Mengetahui hasil belajar dari implementasi media pembelajaran games edukasi pendekatan edutainment pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 68
orang. Data diperoleh dari hasil tes. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 3 Palopo yang tidak memperoleh pembelajaran dengan media pembelajaran games edukasi dengan pendekatan edutainment menunjukkan hasil pre test kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai rata�rata 47,59 dan 48,00 yang tergolong rendah. Kemudian setelah diberi perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata hasil post-test siswa pada kelas kontrol atau yang tidak diterapkan media pembelajaran games edukasi dengan pendekatan edutainment sebesar 71,85 dan termasuk pada kategori cukup
sedangkan pada kelas eksperimen atau yang diterapkan media pembelajaran games edukasi dengan pendekatan edutainment diperoleh nilai rata-rata hasil post-test siswa sebesar 88,00 dan termasuk pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata kedua kelas dan juga uji hipotesis maka dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran games edukasi dengan pendekatan edutainment terbukti lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Kata Kunci: Media Pembelajaran Games Edukasi, Pendekatan Edutainment, Hasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 00:54
Last Modified: 18 Jul 2025 00:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10788

Actions (login required)

View Item
View Item