Johan, Johan (2025) TRADISI KUMANDE MINNONGNGAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DESA AWOTA KECAMATAN KEERA KABUPATEN WAJO). Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Johan] Text (Skripsi Johan)
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui korelasi pendidkan islam dan tradidi kumande minninongngan, Agama merupakan suatu keyakinan yang ada pada setiap diri manusia dan di simbolkan dengan berbagi tindakan yang berhubungan langsung kepada sang pencipta dan di jadikan sebagai pedoman hidup. Zaman yang semakin modern tentunya tradisi sudah mulai jarang di laksankan tetapi ada juga yang tetap kosnsiten mepertahankan sebagai wahana budaya leluhur, salah satu budaya yang sampai saat ini masih di jalankan adalah tradisi kumande minnongngan. Tradisis Kumande Minnongngan merupakan pengalkuturasian budaya dengan agama islam. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang tradisi kumande minnongan dan relvansinya dengan pendidikan islam
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian di lakukan di kampung Enrekang, Dusun Ongkoe, Desa Awota, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo. Adapun subyek penelitian ialah masyarakat setempat dan pelaksanaan tradisi Kumande Minnongngan, sedangkan informan dari penelitian ini adalah Tokoh Agama Kampung Enrekang dan masyarakat setempat. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Untuk analisis menggunakan teori analisis interkatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Kata kunci : Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Kumande Minnongngan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 18 Jul 2025 00:54
Last Modified: 18 Jul 2025 00:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item
View Item