HASRAH, HASRAH (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPPINGBOOK TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN SATAP PONGSAMELUNG. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi HASRAH] Text (Skripsi HASRAH)
SKRIPSI HASRAH (PAI 20).pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Pengembangan E-Modul Berbasis Flippingbook Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar peserta didik Kelas IX SMPN Satap Pongsamelung. penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui desain media 2) Mengetahui validitasnya; 3)
mengetahui tingkat praktikalitasnya; dan 4) Mengetahui efektivitas
pengembangan E-Modul berbasis flippingbook terintegrasi nilai-nilai keislaman dalam meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas IX SMPN Satap Pongsamelung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research & development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri
dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 30 peserta didik dan satu guru. Teknik pengumpulan data meliptui: observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan: 1) Tahap Analisis: Peneliti melakukan analisis kebutuhan melalui wawancara dengan guru dan angket kepada peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran tersedia, seperti buku paket membuat peserta didik
merasa bosan, sementara mereka membutuhkan media yang lebih menarik. 2) Tahap Desain; Peneliti merancang E-Modul berbasis flippingbook dimulai dari penyusunan jadwal penelitian, pembuatan spesifikasi media, penyusunan materi, serta pengumpulan teks, gambar, audio dan video yang akan disajikan dalam E�Modul. 3) Tahap Pengembangan: Media yang telah dirancang divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Saran perbaikan dari validator digunakan untuk enyempurnakan desain agar produk lebih layak. Berdasarkan penilaian,
ahli media memberikan skor 96%, ahli materi 94% dan ahli bahasa 90%, yang semuanya masuk dalam kategori sangat valid. 4) Tahap Implementasi: Media yang telah divalidasi diuji kepada guru dan peserta didik untuk mengukur praktikalitasnya melalui angket. Berdasarkan penilaian respon peserta didik sebesar 92% dan respon guru sebesar 92%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Selain itu, soal digunakan untuk menilai efektifitas media.. 5) Tahap Evaluasi: Evaluasi dilakukan secara formatif (untuk perbaikan selama proses pengembangan) dan sumatif (untuk mengukur penguasaan materi melalui pre-test
dan post-test). Keefektifan media ditunjukkan oleh nilai pre-test dan post-test peserta didik, dengan rata-rata skor N-Gain 0,8 atau 80%, yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:45
Last Modified: 18 Jul 2025 01:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item
View Item