B, Hesti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI SD NEGERI 361 BAILING KECAMATAN BAJO BARAT KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Hesti B]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HESTI B (PAI 20).pdf
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pop up book pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI SD Negeri 361 Bailing kecematan bajo barat kabupaten luwu. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pop up book pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI SD Negeri 361 Bailing kecematan bajo barat kabupaten luwu, 2) Untuk mengetahui kevalidan media pop up book pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI SD Negeri 361 Bailing kecematan bajo barat kabupaten luwu, 3) Untuk menganalisis kepraktisan media pop up book pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI SD Negeri 361 Bailing kecamatan bajo barat kabupaten luwu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 361 Bailing dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: obsevasi, wawancara, angket (angket validasi produk dan angket respon peserta didik dan pendidik), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan produk dan analisis kepraktisan media pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tahap pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), 2) validitas media pop up book materi tatacara shalat pada penilaian validator ahli media (66,6%) dengan kategori valid, dan ahli materi (93,75%) dengan kategori sangat valid, 3) uji praktikalitas media pop up book materi tatacara shalat melalui respon peserta didik diperoleh persentase 94,4%, dengan kategori sangat praktis, dan pendidik diperoleh persentase 90% dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci : Media pembelajaran PAI, Media pop up book, materi tatacara shalat, Pembelajaran PAI di SDN 361 Bailing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:25 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10801 |