Alik, Samsidar (2025) PENGARUH LABEL HALAL DAN BPOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Mahasiswa FEBI IAIN Palopo). Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi SAMSIDAR ALIK] Text (Skripsi SAMSIDAR ALIK)
SKRIPSI SAMSIDAR ALIK (EKIS 20).pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Label Halal dan BPOM terhadap Keputusan Pembelian dengan Harga sebagai variabel Moderasi Studi Mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel label halal dan BPOM terhdap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswa FEBI
IAIN Palopo. Untuk menganalisis variabel label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Untuk menganalisis pengaruh BPOM dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik dan untuk menganalisis label halal, BPOM, dan harga terhadap Keputusan pembelian kosmetik mahasiswa FEBI IAIN Palopo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menentukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner. Populasi sebanyak 2.983 orang denga mengunakan rumus slovin jumlah sampel yang digunakan
sebanyak 97 responden. Serta mengunakan purposive sampling. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis, regresi linear berganda, dan moderated Regression Analysis(MRA). Alat analisis pada
penelitian ini menggunakan bantuan SPSS Versi 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel BPOM berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian. Sehingga Label halal dan BPOM berpengaruh secara simultan yang langsung mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 73,4% sedangkan sisanya 26,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Hasil penelitian mengunakan variabel moderasi menunjukan bahwa variabel harga tidak dapat memoderasi variabel label halal terhdap keputusan pembelian. Variabel harga juga tidak dapat memoderasi variabel BPOM terhadap keputusan
pembelian. Sehingga label halal, dan BPOM tidak dapat mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 75,8% setelah adanya interaksi variabel harga sebagai variabel moderasi.
Kata Kunci: BPOM, Harga, Keputusan Pembelian, dan Label Halal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Vivi Novianty
Date Deposited: 18 Jul 2025 06:43
Last Modified: 18 Jul 2025 06:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item
View Item