Husnah, Asmaul (2025) ANALISIS PROGRAM LITERASI BERAGAMA BERBASIS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Asmaul Husnah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ASMAUL HUSNAH (MPI 20).pdf
Download (4MB)
Abstract
Fokus utama penelitian ini adalah dampak program literasi beragama berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam pembinaan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menganalisis, dan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan program literasi beragama berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila, (2) dampak program literasi beragama berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam pembinaan karakter siswa, di SMK Negeri 2 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan format desain deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru agama, dan siswa. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan program literasi beragama berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam pembinaan karakter siswa di SMK Negeri 2 Palopo dilaksanakan dalam 3 waktu, yaitu tiap hari yang dipadukan dengan mata pelajaran, perminggu yaitu tiap hari rabu pagi, dan bulan
Ramadhan. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan literasi beragama berbasis P5 ini yaitu kedisiplinan waktu siswa dan banyaknya siswa yang beragama Islam buta akan huruf hijaiyah; 2) Program literasi beragama berbasis proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) berdampak positif dalam pembinaan karakter siswa di SMKN 2 Palopo. Dengan adanya program literasi beragama berbasis P5 ini mampu meningkatkan ketaqwaan, akhlak, dan etika siswa, serta meningkatkan toleransi, sikap mandiri, berpikir kritis, kreatif, dan meningkatkan jiwa nasionalisme siswa dari kegiatan-kegiatan keagamaan dan kegiatan lainnya yang diadakan oleh pihak sekolah, serta dapat diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Literasi Beragama, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:50 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10818 |