Putri, Nur Aliya (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMK NEGERI 2 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nur Aliya Putri]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NUR ALIYA PUTRI (MPI 20).pdf
Download (6MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pendidikan dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Negeri 2 Palopo. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui kompetensi guru di SMK Negeri 2 Palopo; untuk mengetahui implementasi pendidikan dan pelatihan di SMK Negeri 2 Palopo; untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi pendidikan dan pelatihan di SMK Negeri 2 Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang diambil adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendidikan dan pelatihan di SMK Negeri 2 Palopo dilakukan melalui 6 tahapan pendidikan dan pelatihan yang meliputi yaitu: (a) Analisis Kebutuhan Pelatihan, (b) Menetapkan tujuan pelatihan, (c) Pengembangan kurikulum, (d) Persiapan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, (e) Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, dan (f) Evaluasi. 2) Kompetensi guru di SMK Negeri 2 Palopo yaitu penguasaan terhadap pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak dalam menjalankan profesi sebagai guru. 3) Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung, yaitu: respons positif dari sekolah dalam mendukung dan mendorong peningkatan SDM, serta adanya dukungan dan kontribusi dari kepala sekolah dalam melakukan program pendidikan dan pelatihan yang diikuti guru sedangkan Faktor penghambatnya yaitu masalah kesehatan guru, adanya guru yang tidak memenuhi unsur persyaratan pendidikan dan pelatihan, serta keterbatasan anggaran.
Kata Kunci: Implementasi Pendidikan dan Pelatihan, Kompetensi Guru ABSTRACT
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:58 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:58 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10820 |