Hasanuddin, Kartini (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of Skripsi Kartini] Text (Skripsi Kartini)
SKRIPSI KARTINI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter religius peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu, dan untuk mengetahui bagaimana dampak dari Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Luwu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMAN 9 Luwu dapat dikatakan berjalan dengan baik. Guru memberikan keteladanan yang baik, penanaman kedisiplinan yang dilakukan dengan aturan yang dibuat oleh pihak sekolah, dan juga diberi sanksi-sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dibuat. Kemudian pembiasaan dengan memberikan kegiatan-kegiatan keagamaan baik yang wajib maupun sunah, serta menciptakan suasana yang kondusif sekolah menerapkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan santun. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter religius peserta didik SMAN 9 Luwu, diantaranya adalah adanya dukungan serta perhatian guru dalam kegiatan menanamkan nilai- nilai religius, adanya dukungan dari sekolah dalam program kegiatan penanaman karakter religius, sarana yang memadai dan kekompakan guru. Adapaun faktor yang menjadi faktor penghambat guru dalam pelaksanaan penanaman nilai karakter religius di SMAN 9 Luwu antara lain: kurangnya kesadran dalam diri peserta didik tentang pentingnya kegiatan penanaman nilai karakter religius, kurang keteladanan orang tua, faktor lingkungan masyarakat. (3) Dampak dari strategi guru dalam membentuk karakter religius peserta didik adalah terbentuknya karakter religius yang terbagi menjadi dua poin penting yakni tumbuhnya iman dan ketaqwaan dan terciptanya akhlak terpuji peserta didik.


Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:06
Last Modified: 18 Jul 2025 07:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10822

Actions (login required)

View Item
View Item