Hasanuddin, Kartika (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 KABUPATEN LUWU, KECAMATAN WALENRANG UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Kartika Hasanuddin]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KARTIKA HASANUDDIN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang upya guru dalam meningkatkan self ontrol peserta didik di SMA Negeri 9 Luwu Kabupaten. Luwu. Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mengetahui keadaan self control pesrta didik di SMA Negeri 9 Luwu. 2. Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan self control peseta didik di SMA Negeri 9 Luwu. 3. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan self control pesrta didik di SMA Negeri 9 Luwu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian lapangan ( field research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mmpelajari secara intensif tentang latar blakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan suatu individu, kelompok, lembaga atau masyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Keadaan self control peserta didik di SMA Negeri 9 Luwu. Dalam hal ini peneliti telah menjelaskan keadaan self control peserta didik di SMA Negeri 9 Luwu bergantung dengan keadaan lingkungan keluarga yakni trdapat peserta didik yang brasal dari keluarga yang kurang harmonis kemudian berdampak pada psikisnya dan lingkungan ditempat sekolah tersebut berada. 2.upaya guru dalam meningkatkan self control peserta didik di SMA Negeri 9 Luwu mampu menanamkan self control peserta didik melalui kegiatan kegiatan yang berbasis islami yaitu Rohis, kajian dan pesantren kilat meskipun tidak semuan peserta didik mampu menerapkan hal tersebut tapi hal tersebut tidak menurunkan semangat upaya guru untuk terus meningkatkan self control peserta didik di SMA Negeri 9 Luwu. 3. Faktor pendukung kerjasama antar guru dalam mengadakan kegiatan berbasis islami dan penghambat guru yaitu : kurangnya kerjasama antar guru dan orang tua sebagai penghambat guru. Adapun faktor pendukung guru dalam hal ini yaitu sarana dan prasarana yang memadai.
Kata Kunci : Upaya, Guru PendidikanAgama Islam, self control
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:15 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10824 |