Hisyam, Fauziah (2025) PENGEMBANGAN MATERI AJAR KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL DI KELAS V MI GUPPI TOMPE KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Fauziah Hisyam]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FAUZIAH HISYAM (PGMI 19).pdf - Published Version
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan materi ajar di kelas V MI Guppi Tompe Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Mendeskripsikan proses desain pengembangan materi ajar terintegrasi kearifan lokal pada materi flora dan fauna, serta mengevaluasi validitas dan kepraktisan materi ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D
(Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, pemberian angket kepada
peserta didik, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kebutuhan materi ajar mengenai keragaman flora dan fauna berbasis kearifan lokal dalam bentuk buku ragam flora dan fauna kearifan lokal luwu utara. validasi dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli bahasa 75% kategori valid, ahli materi 90% kategori sangat valid, dan ahli design 75% kategori valid.Uji kepraktisan menunjukkan hasil sebesar 97% dari peserta didik dan 100% dari pendidik. Keduanya termasuk kategori sangat praktis. Hasil ini menunjukkan
bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran disekolah.Peneliti berharap produk ini dapat menjadi alternatif yang bermanfaat bagi pendidik dan peserta didik.
Kata kunci: Materi ajar, Flora dan Fauna, Kearifan Lokal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 07:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:50 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10829 |