Putri, Dewi Mustika (2025) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF POWTOON BERBASIS PENDEKATANCONTEXTUALTEACHINGANDLEARNINGPADA MATAPELAJARANPENDIDIKANAGAMAISLAMDAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 429 SAGENAE KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi DEWI MUSTIKA PUTRI]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DEWI MUSTIKA PUTRI 2025 FIKS.pdf
Download (8MB)
Abstract
Peserta didik dalam berinteraksi dengan orang tua dan guru sering kali tidak mencerminkan sikap hormat dan patuh yang seharusnya. Hal tersebut dapat berdampak negatif terhadap hubungan antara peserta didik, orang tua, dan guru, serta mempengaruhi pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan video interaktif powtoon sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap hormat dan patuh peserta didik terhadap orang tua dan guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tahap pengembangan, serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan video interaktif powtoon
berbasis pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Jenis penelitian menggunakan penelitian R&D (Research and Development),
penelitian menggunakan tahapan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek dalam penelitian adalah 13 peserta didik kelas IV di SDN 429
Sagenae. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, lembar validasi, dan angket praktikalitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuntitatif. Tahap pengembangan meliputi, analisis (analyze) peneliti melakukan beberapa tahap yakni analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik peserta
didik. Selanjutnya pada tahap desain (design) peneliti melakukan rancangan produk dan penyusunan instrumen, kemudian pada tahap pengembangan (development) peneliti melakukan validasi ahli, setelah itu pada tahap implementasi (implementation) peneliti melakukan uji coba kelayakan produk dan terakhir tahap evaluasi (evaluation) peneliti melakukan evaluasi formatif secara keseluruhan produk.Video interaktif powtoon berbasis pendekatan CTL memperoleh hasil validasi dari ahli media sebesar 88% dengan kategori “sangat valid”, validasi bahasa sebesar 94% dengan kategori “sangat valid”, serta validasi ahli materi sebesar 94% dengan kategori “sangat valid”. Praktikalitas video interaktif powtoon berbasis pendekatan CTL mendapatkan hasil prsentase sebesar 98% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
pengembangan video interaktif powtoon berbasis pendekatan CTL pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SDN 429 Sagenae, valid dan praktis
digunakan. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian untuk uji coba keefektifan dan mengetahui hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 00:06 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 00:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10834 |