Paida, Nur (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 357 CAKKEAWO KAB. LUWU. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nurpaida]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURPAIDA (PAI 20).pdf
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiah melalui media pembelajaran flashcard adalam bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 357 Cakkeawo. Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) mengetahui penerapan media flashcard dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 357 Cakkeawo; dan (2) Mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui media pembelajaran flashcard di SD Negeri 357Cakkeawo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 357 Cakkeawo yang berjumlah 10 orang siswa yang terdiri dari 5 perempuan dan 5 laki-laki. Instrumen penelitian meliputi lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, dan soal tes.
Teknik penelitian menunjukkan;(1) terjadi peningkatan Keterlaksanaan pembelajaran melalui media pembelajaran flashcard dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 357 Cakkeawo pada siklus I mendapat nilai rata-rata 73 (83%) kategori cukup, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 75,4 (17,1%) dan termasuk kategori cukup.(2) Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran flashcard telah menunjukkan hasil yang efektif, hal ini terlihat sangat jelas dari hasil tes kemampaun mengenal huruf hijaiah dari tiap siklusnya. Dimana pada siklus I hasil aktivitas siswa mencapai 15,0% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 26,7% Kemudian hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh pada siklus I mencapai 17,1% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 25,5%. Selanjutnya hasil tes siswa pada akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata 44 dengan persentase ketuntasan 39,6% dikategorikan belum tuntas, pada siklus II diperoleh ratarata 71 dengan persentase ketuntasan 80% dikategorikan tuntas serta mengalami peningkatan.
Kata kunci : kemampuan mengenal huruf hijaiah, Pendidikan Agama Islam, media pembelajaran flashcard.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 00:54 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 00:55 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10842 |