Ani, Ani (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PUASA WAJIB DAN SUNNAH KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Ani]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_ANI_16 april.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan e-modul mata pelajaran pendidikan agama Islam materi puasa wajib dan sunnah kelas VIII Sekolah menengah Pertama Negeri 8 Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tahapan pengembangan e-modul pada materi puasa wajib dan sunnah kelas VIII SMP Negeri 8 palopo 2) mengetahui hasil uji validitas e-modul pada materi puasa wajib dan sunnah kelas VIII SMP Negeri 8 palopo. 3) untuk menegtahui hasil uji praktikalitas E-modul pada materi puasa wajib dan sunnah kelas VIII SMP Negeri 8 palopo.
jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D), dengan prosedur dan rancangan penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE, meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Lokasi penelitian bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Palopo. Subjek penelitian meliputi siswa kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palopo dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data, yaitu, observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis desktiptif kualitatif dan analisis deskriptif.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) tahapan pengembangan emodul pembelajaran pada materi puasa wajib dan sunnah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Palopo dilakukan dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. 2) Validitas media E-modul Pembelajaran pada materi puasa wajib dan sunnah kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Palopo oleh ahli media memperoleh persentase 82% sementara oleh ahli materi memperoleh persentase 90% dan oleh ahli bahasa memperoleh prsentase 74%. 3) Praktikalitas media E-modul Pembelajaran pada materi puasa wajib dan Sunnah kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Palopo memperoleh hasil presentase 84,9% dari guru mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan siswa memeroleh prsentase 92,6%. hasil tersebut, disimpulkan bahwa pengembangan media E-modul Pembelajaran pada materi puasa wajib dan sunnah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Palopo.
Kata Kunci: E-modul, Pengembangan Puasa, Pembelajaran, Puasa Sunnah dan Wajib,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:23 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:23 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10846 |