Nurfika, Nurfika (2025) STUDI PEMAHAMAN MASYARAKAT DESA BALIREJO KECAMATAN ANGKONA KABUPATEN LUWU TIMUR TERHADAP KESENIAN KUDA LUMPING PERSPEKTIF AKIDAH ISLAMIAH. Diploma thesis, IAIN Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Nurfika]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NURFIKA (PAI 18).pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Manajemen Waktu Belajar Siswa Terhadap Perstasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo, dengan tujuan: 1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi
belajar siswa. 2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3) untuk mengetahui secara simultan pengaruh penggunaan media sosial dan manajemen waktu belajar siswa terhadap prestasi
belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Palopo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
jenis penelitian survey dengan jumlah populasi Kelas VIII di SMP Negeri 6 Palopo sebanyak 143 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni sample random sampling yakni sebanyak 25% dari jumlah populasi. Maka diperoleh sampel sebanyak 36 sampel siswa. Adapun teknik
pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, koefisien determinasi, uji t, dan uji f dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel 2010 dan SPSS for Windows Ver. 27. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positf dan signifikan antara penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis data pada taraf 5% menunjukkan bahwa thitung
penggunaan media sosial = 3.811 lebih besar dari ttabel = 1.690. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis data thitung manajemen waktu belajar = 4.312 lebih besar dari ttabel = 1.690. 3) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara penggunaan media sosial dan manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh Fhitung = 5.523 lebih besar dari Ftabel = 3.28. Hasil R Square dalam perhitungan diperoleh 0.752 atau sama dengan 75.2%,mempunya arti bahwa besar pengaruh penggunaan media sosial dan manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar adalah 75.2% sedangkan sisanya yaitu 24.8 % dipengaruhi oleh penyebab lainnya di luar regresi.
Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Manajemen Waktu Belajar, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Vivi Novianty |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 01:37 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 01:37 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/10848 |